Sabtu, 22 November 2014

Analisis buku kurikulum 2013




TUGAS ANALISIS BUKU KURIKULUM 2013
Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kajian Bahan Ajar



Oleh:
Agus Waluyo                          A220110037
Prety Ayu Maharani                A220110038
Putri Muliana K.                     A220110050
Ana Rinawati                          A220110062
Yulis Nursita Sari                    A220110068




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2014
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Buku kurikulum 2013 untuk Kelas VII SMP

Kontributor naskah     : Lukman Surya Saputra dan Wahyu Nugroho.
Editor                          : Politeknik Negeri Media Kreatif, Jakarta
Jumlah bab                  : 8
Jumlah Halaman          : 144
Ukuran buku               : 29,7 cm
Penerbit                       : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud
Tahun terbit                 : 2013

Mata pelajaran PPKN untuk kelas VII SMP memiliki 4 KI yang dijaarka dalam 19 KD. Untuk mencapai dalam pembelajaran PPKN maka buku siswa dikemas dalam 8 Bab yaitu:
1.      Berikan dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa
2.      Berkomitmen terhadap pancasila sebagai dasar negara
3.      Menumbuhkan kesadaran berkontribusi
4.      Menumbuhkan kesadaran dan keterkaitan terhadap norma
5.      Memakai nilai kesejarahan NKRI
6.      Pentingnya daerah dalam bingkai NKRI
7.      Memelihara semangat persatuan Indonesia
8.      Bertoleransi dalam keberagaman

A.    Kelamahan/kekurangan buku ini
1.      Terlalu banyak gambar ehingga materi yang disampaikan hanya sedikit
2.      Dalam buku ini terdapat atau tercantum 19 KD namun dalam silabus ada 20 KD
3.      Terlalu banyak soal-soal yan harus dikerjakan siswa baik secara individu dan kelompok. Pemberian tugas memang bertujuan baik namun bila terlalu anyak tugas maka akan memberatkan siswa. Misal pada bab 2 halaman 17 terdapat tugas yag harus dikerjakan
4.      Banyak terdapat bahasa yang tidak baku dalam buku siswa PPKN K13, misalnya pada halaman 17 terdapat kalimat yang berbunyi “kamu hidup dalam konteks sejarah. Kamu juga menggapai masa depan yang telah dibangun sejarah tersebut.” Kata kamu seharusnya tidak dipakai dalam penulisan buku ilmiah non atau fiks.
5.      Dalam penulisan paragraf, masih ada paragraf yang berisi kurang dari 3 kalimat. Aturannya bahwa 1 paragraf 3 kalimat. Misalnya pada halaman 41 paragraf kedua hanya terdiri 2 kalimat dan halaman 55 paragraf 1 dan 2 terdiri dari 3 kalimat.
6.      Dalam penulisan daftar pustaka masih salah, misalnya halaman 41 dimana pendapat Hans Kelsen yang dikutip oleh Prof. Ismail Sunny tidak ditulis atau dicantumkan dalam daftar pustaka.
7.      Terlalu banyak gambar yang ditampilkan, misalnya halaman 114 terdapat 4 gambar suku di Indonesia harusnya gamar yang ditampilkan 1 atau 2 saja.
8.      Ada gambar yag tidak singkron dengan materi, misalnya halaman 115 materi yang dijelaskan mengenai kehidupan sosial budaya yang menyangkut mata pencaharian ditunjukan degan gambar tari-tarian di Idonesia. Seharusnya gambar yang ditunjukan dalah gambar mata pencaharian mayarakatnya.
9.      Didalam sebuah buku ketika akan dicontohkan seorang tokoh maka tokoh yang dicontohkan tersebut harus tokoh yang sudah tidak ada atau meninggal. Karena apabila yang dicontohkan orang masih hidup maka suatu saat bisa saja orang yang dicontohan tersebut melanggar atau engingkari perkataannya. Maka untuk menghindarinya maka dipilih tokoh yang sudah tidak ada atau meninggal. Dalam buku ini masih ada contoh yang dilakukan oleh orang yang masih hidup yaitu halaman 39 yang menampilkan gambar BJ. Habibie  yang berpendapat bahwa bentuk perjuangan pelajar dikemerdekaan adalah belajar sungguh-sungguh.
10.  Dalam tugas yang ada dibuku  PPKN Kurikulum 2013 terutama tugas praktik kewarganegaraan terlalu rumit dan susah untuk anak SMP kelas VII. Misalnya pada bab 1 halaman 16 tugas Kewarganegaraan diinstruksikan untuk melakukan wawancara dan pada bab 7 halaman 104 yang diinstruksikan untuk menjelaskan dan mengomentari terkait puisi yang ada. Tugas itu terlalu membebani siswa karna tugas tersebut memerlukan penalaran.
11.  Dalam buku ini banyak tugas yang bersifat pengetahuan tentang praktek dan pendapat siswa sedikit sekali tugas yang bersifat teori. Harusnya di dalam soal ada jawaban yang berupa teori bukan semua penalaran.

B.     Perbandingan buku PPKn Kurikulum 2013 Kelas VII dengan Silabus
1.      Di dalam silabus terdapat form penilaian pengamatan dimana penelitian merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap pserta didik dalam proses pembelajaran. Namun, di dalam buku PPKn Kurikulum 2013 tidak ada soal latihan yang menyangkut penilaian perilaku dan sikap.
2.       Dalam silabus ada 20 KD namun di buku hanya ada 19 KD.
3.      Penerapan pendekatan Scientific kurang maksimal, karena masih ada materi yang tidak dilaksanakan dengan pendekatan scientific.
4.      Alokasi waktu yang ada di silabus yaitu 4x3 jam pertemuan dengan materi yang banyak, maka alokasi waktu tersebut kurang sesuai ditambah lagi tugas individu maupun kelompok yang banyak, maka alokasi waktu tersebut menjadi tidak efektif tau kurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar